Buka jam 08.00 s/d jam 22.00 , Minggu libur
Beranda » Artikel Cincin Terbaru » Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam

Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam

Diposting pada 2 September 2015 oleh admin

forever

Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam

Lantas bagaimana hukum memakai batu cincin? Menurut Imam Syafi’i hukum memakai batu mulia atau batu akik seperti batu yaqut, zamrud dan lainnya adalah mubah sepanjang tidak untuk berlebih-lebihan dan menyombongkan diri.

قَالَ الشَّافِعِيُّ- وَلَا أَكْرَهُ لِلرِّجَالِ لُبْسَ اللُّؤْلُؤِ إلَّا لِلْأَدَبِ وَأَنَّهُ مِنْ زِيِّ النِّسَاءِ لَا لِلتَّحْرِيمِ وَلَا أَكْرَهُ لُبْسَ يَاقُوتٍ أَوْ زَبَرْجَدٍ إِلَّا مِنْ جِهَةِ السَّرَفِ وَالْخُيَلَاءِ

“Imam Syafi’i berkata dalam kitab al-Umm, saya tidak memakruhan laki-laki memakai mutiara kecuali karena terkait dengan etika dan mutiara itu termasuk dari aksesoris perempuan, bukan karena haram. Dan saya tidak memakrukan (laki-laki, pent) memakai yaqut atau zamrud kecuali jika berlebihan dan untuk menyombongkan (diri)”. (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 221)

Dalam Islam, laki-laki boleh memakai perhiasan berupa cincin. Adapun perhiasan lain, seperti kalung, anting, dan sebagainya tidak diperbolehkan karena bersifat meniru perempuan. Pemakaian cincin hanya sebatas untuk perhiasan semata. Haram hukumnya meyakini cincin mempunyai kekuatan-kekuatan supranatural.

Rasulullah SAW pernah melihat seorang laki-laki memakai gelang dari tembaga. Rasulullah menanyakan apa yang dipakainya.

“Ini adalah al-Wahinah (penyembuh/ penangkal penyakit),” jawabnya. Rasulullah SAW pun bersabda, “Tanggalkanlah segera, sesungguhnya dia tidak menambahkan kepadamu, melainkan kelemahan.” (HR Ahmad).

Selain itu, perhiasan bagi kaum laki-laki juga tidak boleh mengandung emas atau sutra. Haram hukumnya memakai cincin yang terbuat dari emas. Imam Asy Syaukani memesankan, pakailah cincin yang terbuat dari perak. Seperti pesannya dalam kitab Nailul Authar (jilid 1/Halaman 67) yang menyebutkan:

“(Dilarang memakai emas), tetapi hendaknya kalian memakai perak. Maka berkreasilah dengannya sesuai selera.” n ed: hafidz muftisany.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Dan saran kami jangan pernah memakai batu cincin karena berniat menyombongkan diri dan takabbur. Bahkan bukan hanya batu cincin, tetapi semua yang kita kenakan juga.

Wallahu a’lam bish shawab.

(sumber: makassar tribunnews / nu, Mahbub Ma’afi Ramdlan / republika)

Bagikan informasi tentang Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam kepada teman atau kerabat Anda.

Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam | Kotaperakjogja Toko Cincin Nikah Dan Cincin Tunangan Murah

Komentar dinonaktifkan: Perhiasan Cincin Bagi Pria menurut Islam

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Tentang Kami

Kotaperakjogja.com merupakan anak cabang dari swalayanperak.com yang bekerja sama dalam penjualan berbagai aksesoris Cincin nikah, Cincin Emas, Cincin Perak, cincin palladium, cincin kawin, cincin emas. dari bahan perak dengan kualitas yang terbaik, demi kenyamanan bersama untuk memudahkan dan mempercepat layanan kita membuat cabang toko di website kotaperakjogja.com.Kami hanya menerima pembuatan cincin dari bahan perak 925, karena menurut kami bahan perak 925 merupakan bahan yang terbaik untuk membuat cincin, kualitas perak kami 100%. dan kualitas nomer 1.Jadi untuk pembeli jangan takut dengan keaslian cincin kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan